Pages

Thursday, May 23, 2013

cara membuat studio mini

Kebutuhan yang diperlukan :

  • kotak ( bekas box tv / box siku) tetapi jika kamu tidak mendapatkannya box tersebut kamu dapat menggunakan box atau kotak apapun yang pentiung berukuran 20X20 Inches
  • Gunting / Cutter
  • Penggaris
  • Selotip
  • Spidol
  • Kertas Crep (putih) / kain nilon (putih)
  • Lem batangan
  • 2 Tripods / Dudukan Microphone
  • 2 bola lampu (400 watt)
  • Gabus putih untuk latar
Langkah awal

  1. Sebelum memulai , marilah dengarkan seputar peralatan yang saya miliki. Saya memiliki kardus TV (berukuran 24×30). Saya menggunakan Stands Mic dan 2 buah bola lampu ( hemat energy 85 watt = 420 watt bola lampu).
  2. Sekarang, buat sebuah pembatas yang berukuran 2 inchi.. hanya untuk 3 sisi pada kardus (sisakan sisi bagian belakng untuk latar dan bagian atas dan bawah untuk alas dan atap)
  3. Potong batas yang telah ditandai tadi mengunakan cutter.
  4. Untuk langkah awal ukur bagian pinggir kardus yang berukuran 2 inchi untuk kemudia di beri atau dilapisi kertas crep yang telah di potong 2 inchi setiap potongannya (tiap potong berukuran panjang sesuai ukuran kardus). Anda memerlukan 16 potongan. Tempelkan potongan kertas crep tadi ke pinggir pinggir kardus bagian dalam.
  5. Buat potongan kertas krep sesuai ukuran kardus yang telah di lubangi untuk menutupi lubang agar lubang tertupup dengan latar putih. Potong kaertas krep tersebut agak lebih lebar sedikit dari kardus supaya lebih enak untuk merekatkanya. Ratakan kertas krep yang telah di temple menggunakan leb ke kardus bagian luar dengan ibu jari. 
  6. Hanya dua sisi yang di selimuti dengan kertas krep / kain nilon.
  7. Studio box hampir jadi. Sekarang anda harus menentukan untuk bagian background. Jika kotak kamu lebih kecil kamu tidak harus mengikuti langkah ini. Tetapi jika ingin membuat box dengan ukuran yang bagus, anda dapat menempatkan sesuatu ( gabus ) ke bagian belakang.
  8. Sekarang tempatkan kain tebal atau seprei putih di atas gabus itu. Tekuk sprei putih ke bawah hingga menyentuh bagian pinngir bawah box bagian depan yang tidak diberi kertas crep / kain nilon. Kain tebal / sprei putih jangan ditekung tetapi di tekuk membentuk curvy.
  9. Sekarang semuanya telah siap! Yang harus anda lakukan nyalakan cahaya ringan untuk menangkap objek. Untuk lampu : saya menggunakan lampu 85 Wattpenghemat energy yang mana sepadan dengan420W bohlam lampu biasa. Anda dapat juga menggunakan bohlam lampu halogen biasa, tetapi saya lebih menyukai cahaya putih yang lebih banyak dari kuning. Jika cahaya anda lebih kuning maka anda harus bermain dengan “white balance” dan “Grey card”. Jadi lebih baik untuk bermain dengan cahaya putih. Ambil tripot / dudukan microphone untuk meletakkan bohlam lampu. Sekarang anda lihat susunannya seperti gambar dibawah ini:. Letakkan sebuah objek dan anda siap untuk mulai mengambil gambar

Catatan penting :
  • Untuk background kamu dapat mengganti menggunakan warnai sprei yang berbeda (tetapi hasu satu warna)
  • kitaa dapat menggunakan kertas kalender ( kertas artpaper) jika anda memerlukan latar putih yang berkilauan.
  • Jika tidak memiliki Tripods / dudukan mic, anda dapat mengantungkan bohlam lampu disembarang tempat ( tetapi saya lebih suka sesuatu yang atleast).

No comments:

Post a Comment