Pages

Thursday, May 23, 2013

seperti apa yang disebut sebagai seorang fotografer?


Mendengar kata Fotografer otak kita pasti akan langsung menggambarkan orang-orang keren, berjalan kesana-kemari dengan menenteng kamera dengan lensanya yang super canggih bukan? setidaknya itu yang dulu saya pikirkan haha. Yah, setiap orang pasti punya pemikiran masing-masing bukan? tapi yang saya temui sekarang tidaklah sama seperti apa yang saya pikirkan dulu. saya tidak bisa menemukan orang-orang seperti itu dalam kehidupan saya yang sekarang. karena menurut saya, fotografer itu bukan sesuatu yang keren. dulu saya menganggap bahawa saya mengetahui apa fotografer itu, tapi sekarang semuanya seakan hilang ingatan, tidak ada, tidak diketahui. setahu saya untuk menjadi seorang fotografer sangatlah tidak mudah, butuh proses yang panjang, berat dan penuh saingan. lalu apa hasil yang akan kita peroleh jika sudah melalui itu semua? saya jawab tidak ada. mengapa? sekarang kita belajar, berusaha, bekerja keras agar mendapatkan gelar fotografer tersebut, tapi coba terawang kedepan, adakah gambaran yang jelas untuk seorang fotografer? maksud saya lihat seperti orang-orang yang menggeluti dunia pendidikan, kedepannya mereka akan menjadi guru atau dosen, atau mungkin mereka bisa saja mendapatkan jabatan jauh diatas itu, lalu setelah tua mereka akan mendapatkan uang pensiun hingga mereka meninggal. bandingkan dengan fotografer, apakah hal itu akan terjadi? tentu tidak bukan? lalu bagaimana dengan fotografer? entahlah, saya tidak bisa menggambarkannya dengan kata-kata, begitu sulit menurut saya, semacam tidak ada kepastian dari gelar fotografer itu bukan?

No comments:

Post a Comment